Rumus Usia dalam Tahun Bulan Hari pada Excel 2013

Setiap versi dari sebuah software terkadang mempunyai aturan yang berbeda dalam hal tertentu. Misalnya dalam software aplikasi pengolah angka Microsoft Excel antara versi Microsoft Excel 2010 dengan versi 2013 atau mungkin dengan versi terbaru 2016 mempunyai perbedaan dalam hal rumus atau function yang digunakan.

Berikut ini adalah penerapan Formula atau Rumus atau Function pada Microsoft Office Excel 2013 untuk menghitung atau mengetahui usia atau umur seseorang secara otomatis. Dengan menghitung dan mengetahui secara otomatis usia seseorang, maka akan memudahkan pekerjaan setiap tahunnya dalam hal mengetahui dan mengecek usia dari seseorang karyawan atau pegawai atau bahkan usia kita sendiri.

Formula atau Rumus menghitung usia atau umur seseorang pada Microsoft Excel berikut ini boleh dikatakan lengkap karena pada usia sudah muncul usia atau umur dalam tahun, bulan dan hari. Rumus atau function untuk menghitung dan mengetahui usia atau umur seseorang pada Excel ini sudah di uji coba pada Microsoft Excel 2013 dengan hasil yang memuaskan.

Rumus atau formula menghitung dan mengetahui umur atau usia ini dapat juga diaplikasikan untuk mengetahui dan menghitung masa kerja seseorang dalam tahun, bulan dan hari.

Mari kita praktek secara langsung function rumus atau formula menghitung dan mengetahui usia atau umur secara otomatis pada Microsoft Excel 2013

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  • Buka software program Microsoft Excel 2013 anda
  • Buat data nama, tanggal lahir, usia global, usia dalam tahun bulan dan hari dengan format data tanggal lahir bertipe Date
Lihat contoh pada tabel
  • Isi pada kolom masing-masing data nama dan tanggal lahir
  • Pada kolom usia global, masukkan function atau rumus sebagai berikut : =""&DATEDIF(C3,TODAY(),"Y")&" tahun "&DATEDIF(C3,TODAY(),"YM")&" bulan "&DATEDIF(C3,TODAY(),"MD")&" hari"
  • Pada kolom Usia dalam Tahun, masukkan rumus: =""&DATEDIF(C3,TODAY(),"Y")&" tahun "
  • Pada kolom Usia dalam bulan, masukkan rumus: =DATEDIF(C3,TODAY(),"YM")&" bulan "
  • Pada kolom Usia dalam hari, masukkan rumus: =DATEDIF(C3,TODAY(),"MD")&" hari"
Keterangan C3 adalah kolom tanggal lahir.


Demikian sedikit tip cara menghitung dan mengetahui usia atau umur seseorang menggunakan formula, rumus atau function pada Microsoft Excel 2013 dengan mudah dan cepat. Rumus atau function ini dapat juga digunakan untuk mengetahui dan menghitung masa kerja seseorang dengan berpedoman pada tanggal masuk atau tanggal mulai kerjanya.

Posting Komentar untuk "Rumus Usia dalam Tahun Bulan Hari pada Excel 2013"