Menghapus File Secara Permanen tanpa Recycle Bin

File-file, dokumen yang tersimpan dikomputer atau laptop dapat kita hapus secara temporer ataupun secara permanen. Dihapus secara temporer maksudnya adalah dihapus secara sementara namun masih tersimpan di dalam recycle bin sehingga file yang sudah dihapus secara temporer file tersebut dapat di restore (dikembalikan) kembali pada tempat penyimpanan semula. Sedangkan dihapus secara permanen maksudnya adalah file-file yang sudah dihapus atau di delete secara permanen, maka file-file ini tidak akan dapat di restore atau dikembalikan ke tempat penyimpanan semua dengan menggunakan cara restore biasa. Namun dapat dikembalikan dengan menggunakan software atau program recovery atau backup data.

Apa tujuan menghapus file, folder, dokumen secara permanen? Menghapus file yang masih tersimpan pada Recycle bin (delete file temporer), meskipun filenya tidak ditemukan di dalam komputer, namun sebetulnya file ini masih tersimpan dalam komputer sehingga kapasitas penyimpanan (hard disk) akan digunakan untuk menyimpan file-file yang dihapus secara temporer. Apabila kapasitasnya besar dapat mengurangi kapasitas hard disk yang cukup besar. Sehingga apabila file-file yang dihapus ini benar-benar tidak terpakai maka perlu dihapus secara permanen.

Cara menghapus file secara permanen.

Banyak sekali ditemui pada Recycle bin terdapat file-file yang di delete secara temporer dengan kapasitas yang besar. Apabila ini berlanjut terus menerus maka kapasitas hard disk pada komputer akan penuh sehingga mengganggu kinerja sistem, tidak adanya tempat penyimpanan yang cukup untuk menyimpan file-file atau dokumen penting.

Umumnya para pemakai komputer yang belum mengenal adanya recycle bin mengahapus data-data yang tidak penting dan tidak terpakai hanya dengan perintah Del/delete. Perintah menghapus atau mendelete file seperti ini adalah perintah menghapus file secara temporer sehingga file-file yang dihapus masih tersimpan pada recycle dan menumpuk sehingga mengakibatkan kapasitas hard disk terpakai untuk file-file sampah yang tidak berguna.

Untuk menghapus file-file yang tidak terpakai secara permanen, lakukan langkah-langkah berikut:
  • Cari file yang ingin anda hapus, bisa melalui Windows Explorer
  • Pilih file-file yang ingin anda hapus
  • Pilih dan klik delete dan tombol shift pada keyboard ketika mengklik pilihan klik

Atau Tekan tombol Shift pada keyboard, klik kanan pada file-file terpilih, pilih delete

Menghapus file yang ada di recycle bin
Cara pertama apabila shortcut Recycle bin ada pada desktop
1.    Buka desktop
2.    Pilih Shortcut Recycle bin
3.    Klik kanan, pilih Empty Recycle Bin

Urutan langkahnya dapat anda lihat pada gambar berikut:


Cara kedua melalui Windows Explorer
1.    Pilih Drive yang tersimpan file Recycle Bin
2.    Klik Kanan pada dive terpilih
3.    Properties
4.    Disk Cleanup
5.    Pada menu Disk Cleanup, beri tanda centang pada Recycle Bin
6.    Klik OK

Urutan Langkah di atas, seperti terlihat pada gambar-gambar di bawah ini:



Itulah langkah-langkah menghapus atau mendelete file secara permanen dan tidak tersimpan pada Recycle. Dengan demikian, komputer tidak akan menyimpan file-file yang sampah yang telah anda hapus atau delete.

Posting Komentar untuk "Menghapus File Secara Permanen tanpa Recycle Bin"