Membuat Custom Header pada Excel

Dalam pembuatan surat resmi sering kita kenal istilah bagian kepala surat yang  berisikan nama organisasi, logo organisasi, alamat lengkap organisasi. Istilah ini di dalam pembuatan surat resmi dengan menggunakan aplikasi pengolah kata maupun pengolah angka dapat dibuat dengan mudah dengan menggunakan fasilitas header. Namun, pada prinsipnya header di dalam aplikasi atau program pengolah kata (Microsoft Word) dan pengolah angka (Microsoft Excel) dapat digunakan untuk membuat keterangan atau informasi tertentu yang letaknya berada di bagian paling atas dari sebuah halaman.

Fungsi dan tujuan dari membuat custom header pada Microsoft Excel antara lain dapat digunakan untuk pembuatan Kop Surat otomatis, bagian atas halaman (header) akan terprint dengan otomatis tanpa harus membuat header baru pada cara membuat header manual, serta untuk keperluan lainnya sesuai kebutuhan.

Pada pembuatan Custom Header pada Microsoft Excel anda dapat membuat header secara lebih rinci pada bagian kiri, tengah atau kanan dari bagian atas halaman. Misalnya pada bagian kiri header halaman berisi gambar atau tulisan tertentu, bagian tengah header berisi gambar, foto, simbol, link atau alamat file, link halaman website, nama file, dan lain sebagainya. Serta dibagian kanan header juga dapat anda atur tersendiri sesuai keinginan.

Berikut ini adalah cara membuat custom header pada Microsoft Excel. Perlu dijelaskan terlebih dahulu bahwa perangkat lunak atau software Microsoft yang digunakan pada contoh membuat custom Header berikut ini adalah Microsoft Office Excel 2013. Meskipun demikian, cara membuat custom header pada Excel berikut ini dapat anda terapkan pada Microsoft Office Excel versi yang lainnya.

Bagaimana cara membuat custom header pada Microsoft Excel?

Ikutilah langkah-langkah berikut ini untuk membuat custom Header pada Microsoft Excel

Untuk membuat custom header
  • Klik pada Menu PAGE LAYOUT
  • Pilih Page Setup

  • Muncul jendela Page Setup
  • Pilih tab menu Header/Footer
  • Klik Custom Header
http://langkahpc.blogspot.com/


  • Muncul jendela Custom Header untuk mengatur Header atau bagian atas dari sebuah halaman pada Microsoft Excel

http://langkahpc.blogspot.com/

Atur dan settinglah custom header dari halaman kerja Excel anda sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pada jendela Custom Header

Klik Ok jika sudah selesai

Untuk melihat hasil settingan custom Header pada Microsoft Excel anda dapat melakukannya dengan cara melihat hasilnya pada tombol Print Preview.

Setelah selesai membuat custom header dengan langkah-langkah di atas, lakukanlah uji coba untuk melihat hasilnya terlebih dahulu pada print Preview. Apabila hasilnya tidak sesuai dengan keinginan anda. Misalnya pada header halaman yang menggunakan gambar, foto atau logo umumnya tulisan yang ada pada lembar kerja Excel akan terpotong karena adanya gambar. Untuk mengatasi hal ini, lakukanlah pengaturan pada pengaturan Page Setup pada margin atas. Sesuaikan margin atas agar custom header tidak menggangu tabel atau isi dari lembar kerja Excel.

http://langkahpc.blogspot.com/

Cara yang mudah bukan untuk membuat custom header pada Microsoft Office Excel. Dengan demikian header halaman ini akan otomatis ada pada halaman berikutnya. Selamat berkarya.

Posting Komentar untuk "Membuat Custom Header pada Excel"