Cara Mencari Kata/Kalimat pada Dokumen Word

Pada dokumen yang dibuat dengan menggunakan Microsoft Word terdapat fasilitas dalam mencari kata-kata tertentu atau kalimat tertentu yang ada dalam dokumen. Fasilitas atau tool pada Perangkat lunak Microsoft Word ini pada Microsoft Office Word versi 2010 atau versi sebelumnya fasilitas ini dinamakan tool Find (cari). Dan pada Microsoft Office Word versi 2013 dan versi setelahnya, fasilitas Find ini berubah dalam bentuk Navigasi (Navigation). 

Apa beda di antara keduanya dan bagaimana cara menggunakannya?

Tool Find pada Office Word 2010 dan versi Office Word sebelumnya mempunyai ciri-ciri :
Sedangkan tool Find pada untuk mencari kata-kata atau kalimat tertentu pada Microsoft office word 2013 ke atas mempunyai kelebihan-kelebihan yang lebih dibandingkan pada versi office word 2010 dan sebelumnya. Beberapa kelebihan tersebut antara lain sebagai berikut :
  • Muncul dalam bentuk navigation pane yang muncul di sebelah kiri pada jendela kerja dari Microsoft Office Word 2013.
  • Dalam jendela Tool find yang berupa Navigation terdapat kolom pencarian dengan berbagai macam pilihan.
  • Menu pencarian lebih rinci dan detail terbagi dalam tiga macam hasil, yaitu : 
1. Heading, mencari heading yang ada pada dokumen word
2. Pages, memunculkan kata-kata yang dicari pada halaman
3. Result, memunculkan semua hasil pencarian
Bagaimana cara memunculkan Tool Find pada Microsoft Office 2010 atau sebelumnya atau Tool Navigation pada Microsoft Office Word 2013 dan versi setelahnya?

Sekali lagi perlu dipertegas bahwa tool ini sangat bermanfaat bagi para penulis untuk mencari kata-kata atau kalimat tertentu yang dirasa penting untuk berbagai macam keperluan. Misalnya kata-kata atau kalimat tersebut adalah begitu penting dan perlu dilakukan review atau editing dan untuk keperluan yang lain.

Untuk memunculkan Tool Find atau Tool Navigation caranya sangat mudah dan cepat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Terlebih dahulu, bukalah file dokumen word anda
  • Setelah file terbuka
  • Tekan pada keyboard secara bersamaan tombol CTRL + F
  • Secara otomatis akan muncul jendela :


  1. Find pada Microsoft Office Word 2010 (versi sebelumnya)
  2. Jendela Navigation pada Microsoft Office 2013 dan versi di atasnya.

Setelah tool find dan Navigation muncul, ketikkan kata atau kalimat kunci yang ingin anda cari untuk anda edit dan sesuaikan.




Demikian tips Microsoft Word cara mencari kata-kata atau kalimat tertentu dengan cepat dan mudah menggunakan fasilitas Find dan Navigation. Selamat mencari-cari dan menggantinya sesuai dengan keperluan.

Posting Komentar untuk "Cara Mencari Kata/Kalimat pada Dokumen Word"