Komputer Restart Sendiri Ketika Sedang Online

Banyak juga pertanyaan kepada saya mengenai mengapa komputer dalam beberapa menit hingga 1 jam restart sendiri ketika sedang online atau terhubung dengan internet? Untuk menjawab pertanyaan ini, beberapa hal pun saya lakukan, di antaranya adalah :
  • Menanyakan kepada yang mempunyai komputer atau laptop, apa saja gejala-gejalanya?
  • Melakukan observasi kepada komputer desktop atau laptop secara langsung.
Secara beberapa hal tersebut saya lakukan, beberapa catatan tentang komputer atau laptop yang mengalami restart sendiri tersebut terkumpul yang antara lain adalah sebagai berikut :
  • Hanya restart secara otomatis atau restart sendiri ketika komputer terhubung dengan internet atau ketika digunakan untuk aktifitas online
  • Muncul pesan pada pojok kanan bawah layar (pada hidden icon) yang intinya memberikan pesan bahwa install update software untuk windows tersedia dan siap untuk di install update windows
  • Sebelum komputer atau laptop restart sendiri, muncul pesan dalam jendela munculan yang di antaranya adalah :
  1. New updates are available > Click to install the using Windows Update. Hal ini terjadi jika setting Windows update pada : Control Panel > System and Security > Turn automatic updating on or off dengan setting Windows Update pada pilihan point 2 dan 3 dari setting windows update yaitu Download update but let me choose whether to install them atau Check for updates but let me choose whether to download and install them. Lihat gambar :
  2. Restart your computer to finish installing important updates. Pesan ini akan muncul secara otomatis ketika windows sudah menginstall update secara otomatis ketika sedang terhubung ke internet.
  3. Please do not power off or unplug your machine. Installing update 1 of 4/5/ dst.....Hal ini akan terjadi ketika windows menginstall hasil download secara otomatis ketika terhubung dengan internet, dan dalam beberapa saat windows akan otomatis restart dengan sendirinya. 
Berdasarkan beberapa hal di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hal yang menyebabkan komputer mengalami restart secara otomatis ketika terhubung dengan internet adalah dikarenakan setting Windows Update pada sistem operasi windows berada pada posisi "On". Sehingga ini akan menyebabkan windows akan melakukan download file-file update dari windows secara otomatis ketika terhubung dengan internet dan kemudian melakukan restart sendiri secara otomatis tanpa adanya perintah dari pemakai komputer.
Solusi agar windows tidak melakukan restart secara otomatis adalah dengan melakukan setting pada Control Panel dan membuat Windows Update menjadi OFF. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Masuk Start > Control Panel > System and Security > Turn automatic updating on or off  > 
  • Kemudian settinglah sesuai dengan gambar di bawah ini yaitu membuat setting automatic updates windows Off " Never check for updates (not recommended).


Setelah anda melakukan setting seperti di atas, maka ketika anda tersambung ke internet, maka windows tidak akan melakukan update secara otomatis sehingga komputer tidak akan melakukan restart secara otomatis dengan sendirinya.

Posting Komentar untuk "Komputer Restart Sendiri Ketika Sedang Online"