Cara Mengakses Cepat Dokumen, Folder, Program

Untuk dapat membuka atau mengakses data, file, dokumen-dokumen, file-file gambar, foto, audio, atau video anda serta software program aplikasi yang terinstall pada komputer laptop atau desktop dengan mudah dan cepat, maka anda dapat melakukannya dengan cara membuat shortcut dari masing-masing file atau folder atau program aplikasi yang terinstall dan ada pada komputer atau media penyimpanan lain yang terhubung pada komputer.

Shortcut dalam istilah komputer adalah merujuk kepada suatu perintah pada komputer yang bentuknya adalah berupa gambar atau icon tertentu yang umumnya diletakkan pada desktop atau pada Quick Launch Bar yang digunakan untuk mengakses cepat suatu program tertentu.  Ketika shortcut ini dioperasikan dengan cara cara mengklik gambar shortcut dua kali atau double click dan atau dengan klik kanan, kemudian pilih > Open, maka akan dapat membuka suatu program tertentu secara spesifik.

Manfaat membuat shortcut

Fungsi shortcut selain digunakan untuk memberikan perintah pada suatu software atau program aplikasi untuk dijalankan, kita juga dapat membuat shortcut sendiri pada program yang sudah terinstall namun belum ada shortcutnya pada desktop komputer atau laptop. 

Di samping itu, fungsi shortcut yang intinya adalah untuk kemudahan akses suatu software aplikasi yang terinstall ternyata dapat kita manfaatkan dalam mengakses data, dokumen pengolah kata word, dokumen pengolah angka excel, dokumen gambar digital, dokumen video audio, dan dokumen yang ada pada folder-folder penting dan lain-lain yang ada dalam komputer laptop maupun desktop.

Untuk kepentingan tersebut, maka kita dapat membuat shortcut untuk mengakses file-file dokumen atau folder-folder yang kita butuhkan sehari-sehari untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan. Dengan demikian, kita dapat mengakses data-data yang ada pada komputer ataupun media penyimpanan lain yang kita perlukan dapat di akses dengan cepat, tepat, hemat waktu atau efisien dan tentunya efektif.

Cara Membuat shortcut dengan mudah dan cepat

Langkah-langkah cara membuat shortcut pada program yang sudah terinstall namun belum ada shortcutnya atau membuat shortcut dokumen-dokumen atau folder adalah sebagai berikut :
  • Membuka tempat atau folder dimana file program, atau dokumen atau folder yang akan anda buat shortcutnya.
  • Setelah file software program aplikasi (file dengan ekstensi .exe)  atau file dokumen atau folder ditemukan, klik kanan file atau folder tersebut, pilh "create shortcut" atau "Send to desktop". Lihat gambar disamping untuk lebih jelasnya
Apabila anda memilih "create shortcut", maka shortcut dari program atau file dokumen atau folder tersebut akan terbuat dan tersimpan pada folder yang sama tempat anda membuka file tersebut. Agar shortcut tersimpan pada desktop, maka anda harus mengcopy atau memindah shortcut tersebut dengan cara : Klik kanan shortcut > pilih send to desktop/Copy/Cut dan kemudian paste di desktop.

Namun, apabila anda memilih pilihan "Send to desktop", maka sebuah shortcut akan terbuat dan langsung tersimpan pada desktop komputer atau laptop.

Setelah dua langkah di atas, anda telah berhasil membuat shortcut pada desktop untuk mengkases data, dokumen, file-file anda, program aplikasi atau software yang terinstall dengan mudah dan cepat tanpa harus membuka dan mengklik folder berkali-kali dari sekian banyak folder yang tentunya akan memusingkan, menghabiskan waktu, dan tidak efektif.

Posting Komentar untuk "Cara Mengakses Cepat Dokumen, Folder, Program"