Cara Print Screen Tampilan pada Layar Monitor

Cara print screen berikut ini adalah cara print screen yang paling sederhana, mudah dan cepat yang bisa dilakukan oleh siapapun anda pengguna komputer meskipun anda adalah pengguna baru. Cara print screen berikut ini adalah dengan memanfaatkan fasilitas shortcut keyboard tombol prnt screen/PrtSc SysRq. 

Fasilitas shortcut keyboard tombol Print Screen berfungsi untuk menangkap tampilan dari layar saat itu atau tampilan layar monitor yang sedang ditampilkan untuk kemudian disimpan dalam bentuk file gambar atau dokumen lainnya dan juga dapat anda print secara langsung untuk anda cetak. 

Cara print screen dengan fasilitas shortcut keyboard dapat anda lakukan dengan beberapa langkah. Berikut ini adalah cara print screen dan langkah-langkahnya untuk menangkap hasil tampilan pada layar monitor yang sedang.
  • Langkah pertama adalah pada monitor anda, tampilkan pada layar anda tampilan program atau aplikasi yang ingin anda print screen [print tampilan layar yang sedang ditampilkan pada monitor], kemudian tekan satu kali tombol shortcut keyboard Print Screen/PrtSc SysRq.
  • Buka aplikasi mspaint atau microsoft word atau aplikasi lain seperti coreldraw, photoshop, atau program lainnya sebagai tempat untuk menempelkan hasil tangkapan shortcut keyboard print screen. Setelah program yang anda pilih terbuka, kemudian tekan shortcut keyboard tomvol CTRL + V secara bersamaan.
Perintah shortcut keyboard di atas akan berfungsi untuk menempelkan atau meletakkan hasil print screen pada layar yang sedang ditampilkan pada aplikasi mspaint, ms word atau aplikasi lain yang anda pilih sebagai tempat untuk menemplekan [paste] hasil tangkapan print screen shortcut keyboard.
  • Setelah tampilan hasil shortcut print screen keyboard tertempel pada aplikasi pengolah gambar [mislanya mspaint] atau aplikasi pengolah kata [mislanya ms word], anda dapat menyimpan hasil print screen dalam bentuk file gambar atau dokumen microsoft word.
Berikut ini adalah contoh gambar cara print screen yang ditempel atau paste pada aplikasi microsoft office word.
  • Langkah terakhir adalah anda dapat mencetak hasil print screen dari hasil tangkapan layar monitor anda secara langsung dengan perintah shortcut keyboard CTRL + P atau melalui menu File > Print pada menu utama dari aplikasi tempat penempelan hasil print screen.
Demikanlah sedikit share mengenai langkah-langkah cara print screen dari tampilan pada layar monitor yang sedang tampil saat itu.

Posting Komentar untuk "Cara Print Screen Tampilan pada Layar Monitor"