Mengatasi Tinta Macet Epson Me32

Seringkali printer yang sudah digunakan berkali-kali akan menglami kemacetan tinta atau tinta tidak keluar baik tinta warna ataupun tinta hitam. Pada kesempatan ini akan dibahas tentang mengidentifikasi dan mengatasi tinta yang macet pada printer Epson Me32 yang terpasang infus.

Bagaimana cara mengetahui apakah pada printer anda mengalami kemacetan pada tinta? 

Masalah pada printer dimana tinta tidak keluar pada epson Me32 yang sudah dipasang infus biasanya terjadi karena terjadi kemacetan tinta atau tinta yang tidak masuk pada selang infus yang menuju ke cardtridge sehingga tinta tidak masuk pada cardtridge. Hal ini akan menyebabkan kekosongan tinta pada cardtridge sehingga ketika printer digunakan untuk melakukan pekerjaan printing, salah satu warna yang mengalami kemacetan tidak akan menghasilkan hasil printing dokumen atau gambar sesuai keinginan atau bahkan tinta sama sekali tidak keluar pada hasil cetakan atau print. 

Tanda-tanda apakah yang menunjukkan bahwa memang benar telah terjadi masalah pada macetnya tinta pada selang sehingga tinta tidak masuk pada cardtridge.

Hal sudah saya alami adalah terjadi kemacetan tinta pada selang infus printer epson Me32 yang sudah dipasang infus. Beberapa tanda pasti adanya kemacetan tinta pada selang dan bukan masalah perangkat yang lain dari printer adalah sebagai berikut :
  • Printer dapat melakukan pekerjaan ngeprint atau printing dengan baik dan normal. 
  • Ketika dalam keadaan tidak melakukan pekerjaan printing, tidak terdapat tanda indikator lampu yang blinking atau kedip-kedip pada printer. 
  • Ketika pekerjaan printing sudah selesai hasil printer menunjukkan ada salah satu warna dari tinta yang tidak keluar.
  • Ketika gejala pada nomer tiga diatasi dengan melakukan cleaning berkali-kali, hasil printer masih menunjukkan ada salah satu warna tinta yang tidak keluar pada hasil printing. 
Jika terdapat gejala-gejala seperti yang tersebut di atas, maka anda patut curiga bahwa pada printer anda terjadi masalah tinta yang tidak keluar dan disebabkan karena macetnya tinta pada selang infus pada printer yang di infus. Jika hal-hal di atas terjadi pada printer yang tidak di infus, maka kemungkinannya adalah disebabkan tinta yang kosong atau kering, atau mungkin juga karena macetnya tinta pada lubang cardtrige. 
 
Bagaimana cara menangani apabila terjadi kemacetan tinta pada selang infus? 
 
Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka beberapa hal yang perlu anda siapkan antara lain: 
  1. Perangkat lunak software resetter untuk printer epson me32 sekedar berjaga-jaga untuk anda perlukan pada suatu moment tertentu. 
  2. Jangan lupa bahwa printer anda sudah terinstall driver epson me32 dengan benar. 
  3. Perangkat utama adalah Suntikan untuk menyedot tinta atau bisa anda sedot dengan mulut anda. [MENYEDOT TINTA DENGAN MULUT-PERHATIAN BAHWA HAL INI TIDAK BAIK UNTUK KESEHATAN ANDA]
Setelah semua perangkat anda siapkan, langkah berikutnya adalah sebagai berikut : 
  1. Matikan printer anda 
  2. Buka printer cover anda, kemudian posisikan cardtridge agak ke tengah tepat pada tempat dimana cartridge bisa di ambil.
  3. Cabut selang yang menancap pada cardtridge yang anda curigai mengalami kemacetan [tanpa harus mengambil atau mencabut cardtridge printer].
  4. Ambillah suntikan yang sudah anda siapkan. Kemudian hubungkan salah satu selang infus yang mengalami kemacaetan dengan suntikan lalu sedotlah tinta hingga tinta dapat keluar dengan lancar. 
  5. Setelah tinta dapat mengalir dan keluar dengan lancar, tancapkan lagi selang pada cardtridge.
  6. Nyalakan printer anda. Kemudian lakukan proses cleaning beberapa kali agar tinta bisa masuk ke cardtridge. Atau anda dapat juga menggunakan fasilitas program resetter untuk melakukan perintah isi tinta atau proses cleaning melalui program resetter epson me32. 
  7. Setelah beberapa kali proses cleaning, lihatlah pada selang yang mengalami kemacetan tinta apakah tinta sudah bisa mengalir dan masuk pada cardtrige atau belum. 
  8. Jika belum, lakukan proses cleaning lagi. Jika anda sudah yakin bahwa tinta sudah masuk [dapat anda lihat dengan mata-cover printer terbuka], maka anda dapat mencoba printer anda untuk melakukan pengecekan nozle check atau mencoba melakukan pekerjaan printing. 
Demikain sedikit share pengalaman mengenai identifikasi macetnya tinta atau tinta yang tidak dapat keluar dan cara mengatasinya pada printer epson me32.

Posting Komentar untuk "Mengatasi Tinta Macet Epson Me32 "