Cara Membuat Dokumen Word Dua Kolom atau Lebih

Pernahkah anda melihat bentuk print file dokumen Microsoft Word yang terdapat dua kolom, atau bahkan 3 hingga sampai empat kolom atau lebih? Terkadang ada beberapa alasan bagi seseorang untuk menjadikan hasil ketikannya [paragaraf] di Microsoft Word menjadi dua kolom sama lebar, atau dua kolom dengan lebar yang berbeda dan atau lebih dari dua kolom dengan lebar yang berbeda-beda. Ketikan model seperti ini biasanya sering digunakan untuk ketikan dalam membuat soal ulangan, ketikan dalam majalah, koran, dan lain sebagainya.

Bagaimana cara mereka membuat dokumennya menjadi dua, 3, atau bahkan lebih dari 4 kolom menggunakan microsoft word?

Berikut ini hanya sekedar share dan sekaligus untuk mengingat-ingat kembali, cara membuat dokumen ketikan microsoft word menjadi 2 kolom atau lebih sama lebar ataupun dengan lebar yang berbeda-beda pada seetiap kolomnya.

Perlu di informasikan terlebih dahulu, bahwa program Office yang digunakan disini untuk membuat contoh adalah Microsoft Office Word 2010 yang mungkin terdapat beberapa perbedaan dalam tool menu maupun feature pada Versi Microsoft office yang sebelum ini atau sesudahnya.

Baik langsung saja pada cara membuat dokumen menjadi dua atau tiga kolom dalam microsoft Word:
  • Block atau sorot paragaraf atau satu halaman penuh atau beberapa halaman sekaligus yang ingin anda jadikan dua atau tiga kolom.
  • Kemudian masuk pada menu utama dan pilih tab Page Layout, kemudian pilih toolbar menu yang bertuliskan Columns pada kelompok toolbar Page Setup, maka akan ditampilkan kotak dialog untuk membuat 2 kolom, 3 kolom atau lebih sesuai keinginan anda.
  • Lihat gambar di bawah ini [tampilan pada Microsoft Office Word 2010]
  1. One [satu], berarti menampilkan ketikan dokumen dalam 1 kolom
  2. Two [dua], berarti menampilkan ketikan dokumen dalam 2 kolom.
  3. Three [tiga], berarti menampilkan ketikan dokumen dalam 3 kolom.
  4. Left [kiri], berarti menampilkan ketikan dokumen dalam 2 kolom dengan lebar kolom kiri yang lebih kecil
  5. Right [kanan], berarti menampilkan ketikan dokumen dalam 2 kolom dengan  lebar kolom kanan yang lebih kecil.
Jika anda menginginkan bentuk kolom dalam format lain, pada gambar jendela di atas, anda anda dapat mengklik tombol More Columns. Sehingga akan tampil jendela pilihan bentuk kolom yang lain. Seperti tampak pada gambar di bawah ini 
Jika anda menginginkan lebih dari tiga kolom anda dapat mengetikkan jumlah kolom sesuai keinginan anda pada Number of Columns. Misalnya anda ketikkan 4, 5, dan seterusnya sesuai dengan keinginan anda.

Anda dapat mengatur lebar masing-masing kolom secara manula melalui ruler dengan menarik ruler sesuai dengan lebar yang anda inginkan pada masing-masing kolom.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Dokumen Word Dua Kolom atau Lebih"