Cara Membuat Ringtones iPhone Gratis

Apakah anda mempunyai iPhone dan senang sekali mendengar ringtone berdering ketika anda sedang menerima telpon atau menerima pesan singkat dari iphone anda. Anda dapat membuat ringtone gratis dari file-file musik yang anda punya sehingga anda tidak perlu membeli dua kali untuk menjadikan musik yang anda favoritkan sebagai ringtone pada iphone anda. Sebenarnya, dengan sedikit trik yang tidak ilegal dan tidak melanggar aturan atau legal, yang dengan trik tersebut anda dapat membuat nada dering dari salah satu lagu non-DRM [Digital Rights Management] di iTunes library anda dengan mudah dan gratis. Hal ini dapat anda lakukan baik sistem operasi anda adalah Mac OS maupun Windows PC. 

Yang perlu kami sampaikan disini adalah, mungkin ada perbedaan dalam hal sebutan nama menu atau terkait dengan bahasa dalam menu itunes yang berbeda dalam hal versi. Sebelum anda melangkah kepada langkah pembuatan ringtone iphone gratis, beberapa perangkat yang perlu anda siapkan antara lain : 
  • Software atau prgram iTunes 
  • Komputer dengan sistem Mac atau komputer Windows 
  • File musik atau Lagu Non-DRM (yaitu, lagu yang tidak dibeli dari iTunes Store). Lagu inilah yang nantinya akan kita buat menjadi rongtone gratis pada iphone anda. 
Setelah semua perangkat anda siapkan, mari kita lanjutkan ke langkah-langkah dan cara pembuatan ringtone gratis untuk iphone. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 
  • Buka program iTunes yang sudah anda install pada komputer. Jika anda belum menginstallnya, anda dapat mendownloadnya dengan gratis pada situs resmi itunes. 
  • Cari lagu yang ingin buat menjadi nada dering atau ringtone pada iphone anda. Anda dapat memasukkan lagu-lagu non-DRM yang anda koleksi ke dalam itunes library. 
  • Setelah anda memilih salah satu lagu, kemudian dengarkan lagu tersebut dan tentukan bagian awal hingga bagian terakhir dari lagu tersebut yang ingin anda gunakan. Langkah ketiga ini akan menentukan bagian lagu dari awal hingga akhir yang akan menjadi nada dering. Untuk mendengarkan lagu tersebut anda dapat memutarnya terlebih dahulu, kemudian menentukan bagian awal dan akhir dari lagu pada langkah berikutnya. 
  • Tentukan bagian awal dan bagian akhir dari klip lagu dengan cara sebagai betikut : Klik kanan pada lagu yang anda pilih dan kemudian pilih "Get Info." 
  •  Muncul jendela Get Info dan kemudian cari dan Klik menu tab tombol "Options" 
  • Beri tanda centang dan Ketikkkan pada kotak Start Time, untuk menentukan bagian awal lagu dari ringtone. Dan kemudian Ketikkan pada kotak Stop Time untuk menentukan bagian akhir dari ringtone. Pastikan ringtone yang anda buat dari penentuan waktu mulai dan waktu berakhir dari ringtone adalah tidak lebih dari 40 detik. 
  • Setelah setting selesai kemudian Klik "OK." 
  • Setelah setting di atas selesai, kemudian Klik kanan pada lagu yang suda anda setting, dan pilih "Create AAC Version." Tunggu iTunes untuk mengkonversi lagu tersebut. Proses ini akan membuat file duplikat lagu yang akan dijadikan sebagai ringtone. 
  • Klik kanan nada dering yang sudah anda buat dan pilih "Hapus." 
  • Proses pada point sembilan akan keluar jendela dengan tiga piliahn, yaitu Cancel, Move to Recycle bin dan Keep Files. Pilihlah dan Klik pada tombol "Keep Files". 
  • Kemudian mencari file ringtone yang sudah anda buat. File ini biasanya ada dan tersimpan dalam folder My Document pengguna pada folder "Musik> iTunes> iTunes Music" dan tersimpan dalam sebuah folder nama sebuah band [unknown artist”. Dan berextensi .m4a. 
  • Ganti ekstensi m4a ringtone tersebut dengan m4r. Anda dapat juga mengklik dua kali dengan perlahan-lahan atau mengklik kanan file dan pilih rename untuk mengubah nama file Anda, atau klik kanan dan pilih "Get Info" pada Mac atau "Rename" pada PC Windows. 
  • Klik "Use M4r" ketika sistem memperingatkan Anda bahwa perubahan dapat mempengaruhi penggunaan file. 
  • Klik dua kali file ringtone tersebut. ITunes akan secara otomatis menambahkannya ke folder nada dering di iTunes Music Library. 
  • Langkah terakhir Hubungkan iPhone dan sinkronisasi nada dering tersebut dengan iphone anda. 

Apabila anda mengalami kesulitan dalam sinkronisasi nada dering untuk iPhone, cari nada dering dalam folder Ringtones dan rubahlah ekstensi kembali ke dalam m4a,. Kemudian cobalah untuk melakukan sinkronisasi lagi itunes dengan iphone. 

Sebagai ganti menghapus file nada dering, Anda juga dapat melakukan dengan langkah drag atau menyeret ringtone baru yang sudah dikonversi ke desktop dari iTunes dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. 

Mungkin ada beberapa masalah dengan versi terbaru dari Leopard, mengubah nama file mungkin tidak dapat berhasil dengan baik, dan anda tidak akan dapat menambahkannya ke folder Ringtones. 

Proses atau langkah membuat ringtone gratis di atas tidak akan bisa dilakukan dengan lagu-lagu yang dibeli di toko iTunes [Itunes Store] atau musik dan lagu-lagu yang memiliki DRM (copy protection). Oleh sebab itu sebaiknya lagu yang akan anda buat sebagai ringtone gratis adalah dengan menggunakan lagu yang telah anda punya baik dari file atau dari CD dan anda import ke dalam Itunes Library.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Ringtones iPhone Gratis "