Fungsi dan Bagian-Bagian Jendela Microsoft Word 2007

Program pengolah kata Microsoft Word kepunyaan microsoft selalu berkembang secara periodik dalam kurun waaktu kurang lebih 3 tahunan. Tiap versi dari Program ini boleh dibilang selalu ada perubahan dalam segi penampilan jendela atau window dari program tesebut. Perubahan versi selalu memberikan update dan tambahan fitur-fitur baru pada tiap-tiap bagiannya, termasuk perubahan dalam bagian tampilan pada jendela atau window dari Microsoft Word. Seperti apakah perubahan tampilan dan bagian-bagian dari jendela microsoft Word 2007?

Sebelumnya perlu saya sampaikan di sini, kenapa sih kita perlu mempelajari bagian-bagian dari tampilan yang ada pada window atau jendela dari microsoft Word 2007? Secara singkat padat dan jelasnya adalah setelah kita mengetahui bagian-bagian dari jendela atau window pada program microsoft word 2007, harapannya dan tujuan akhir dari pengenalan ini adalah supaya dapat menggunakan program pengolah kata Microsoft Word khususnya versi 2007 dengan baik.

Oleh sebab itu, maka kita harus mengetahui dan memahami tampilan bagian-bagian dari jendela yang ada pada Microsoft Word 2007 beserta fungsi dan kegunaannya. Langsung saja untuk memahami dan mengetahui hal tersebut, akan kami tampilkan gambar tampilan jendela Microsoft Word 2007. Silahkan amati dan perhatikan gambar berikut ini.

Gambar Bagian-bagian jendela Microsoft Word 2007 

Setelah melihat gambat di atas, maka dapat ditarik kesimpulan tentang tampilan dari bagian-bagian jendela Microsoft Word 2007 antara lain sebagai berikut :
  • Office button, digunakan dan berfungsi untuk membuka menu Office
  • Quick access toolbar, digunakan untuk mengakses tombol-tombol toolbar dengan cepat
  • Baris judul, digunakan untuk mengetahui judul file atau dokumen yang sedang terbuka
  • Tombol ukuran jendela, digunakan dan berfungsi untuk memperbesar dan memperkecil ukuran tampilan jendela.
  • Ribbon, berisi tentang tab-tab menu perintah yang ada pada microsoft word 2007
  • Baris status, berguna untuk menunjukkan dan memberikan informasi kepada pemakai tentang halaman yang ditampilkan, jumlah kata dan bahasa yang digunakan.
  • Halaman kerja, digunakan sebagai halaman kerja atau tempat mengetik dan mengedit dokumen yang sedang ditampilkan atau dibuat.
  • Pengatur tampilan halaman kerja, berguna untuk mengatur tampilan halaman kerja pada microsoft word 2007.
  • Zoom, digunakan untuk mengatur perbesaran dan pengecilan tampilan halaman kerja. Apabila Zoom diperkecil, maka tampilan tulisan akan semakin kecil. Demikian pula sebaliknya, apabila Zoom diperbesar, maka tampilan tulisan yang diketik pada halaman kerja akan tampak semakin besar.
  • View ruler, digunakan untuk menampilkan atau menghilangkan garis penggaris baik secara horisontal maupun vertikal.
  • Baris penggulung, digunakan untuk menggulung halaman kerja yang sedang ditampilkan secara horisontal dan vertikal.
  • Tombol dialog, digunakan untuk membuka kotak dia- log serta memodifikasi perintah-perintah yang ada di dalamnya.
Demikianlah sedikit pengetahuan tentang tampilan jendela pada microsoft word 2007 dan bagian-bagiannya. Apa saja kegunaan dan fungsi secara detail dan lengkap dari tiap-tiap bagian pada jendela microsoft word tersebut? Untuk lebih jelasnya akan dibahas satu per satu pada artikel-artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Fungsi dan Bagian-Bagian Jendela Microsoft Word 2007"