Cara Menambahkan File ke dalam ISO

Untuk lebih memudahkan pekerjaan anda sebagai seorang teknisi komputer ataupun bukan teknisi namun bisa mengintall sistem operasi yang tentunya sering melakukan instalasi komputer atau laptop berkali-kali sehingga tak tehitung. Berikut ini adalah sebuah tip dan trik agar anda tidak berganti-ganti CD/DVD untuk menginstall Sistem Operasi berserta Apliasi-aplikasi atau program yang ingin anda install pada komputer atau laptop setelah instalasi sistem operasi menggunakan cd/dvdsistem opeerasi selesai. Tips ini yaitu dengan menambahkan file-file program atau aplikasi-aplikasi yang ingin anda install setelah menginstal sistem operasi, misalnya menambahkan aplikasi anti virus, program pengolah kata microsoft office, program photo editing seperti photosop, dan program-program lainnya. Program-program yang ingin anda install tersebut dapat anda masukkan ke dalam file sistem operasi anda yang sudah anda simpan dalam bentuk iso file. 

ISO file dari CD master sistem ini bisa anda buat dengan mengcopy CD Master ke dalam hard disk dalam bentuk ISO File menggunakan program burner seperti Nero Burning System ataupun program burner lainnya.

Bagaimana cara menambahkan file-file program atau aplikasi yang ingin anda install ke dalam file Iso sistem anda? Berikut ini adalah cara dan langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut. Namun sebelumnya hal-hal baik software maupun hardware yang perlu anda siapkan demi kelancaran proyek ini antara lain :
  • Perangkat pertama adalah file ISO sistem operasi yang sudah dalam bentuk file dan tersimpan pada hard disk atau pada media penyimpanan lain seperti flash disk atau hard disk eksternal dengan kapasitas besar. Saya menyarankan sebaiknya file ISO tersebut sebaiknya tersimpan dalam hard disk internal komputer atau laptop. 
  • Perangkat yang kedua adalah adalah software PowerISO. Software ini disamping bisa membaca file-file semua file-file ISO, mengekstrak file-file ISO ke dalam folder-filder, membuat Visual Drive juga bisa anda manfaatkan untuk menambahkan file-file apapun termasuk program ke dalam file ISO sistem. 
  • Perangkat yang selanjutnya adalah perangkat keras yaitu DVD Writer yang nantinya akan kita gunakan untuk membakar file ISO sistem yang sudah ditambahkan file-file program tambahan. 
  • Perangkat ketiga adalah DVD Blank, sebisa mungkin DVD blank yang anda siapkan adalah DVD blank dengan kapasitas penyimpanan besar. Mengapa demikian? Karena Ukuran file iso dari sistem operasi yang akan anda tambahkan beberapa program aplikasi tambahan secara otomatis akan menjadi lebih besar dari ukuran file iso aslinya. 
Demikianlah beberapa perangkat keras atau hardware dan perangkat lunak atau softaware yang perlu anda siapkan. Yang perlu saya sampaikan sebelum menjelaskan langkah-langkah menambahkan file-file ke dalam File ISO sistem sistem baik CD maupun DVD master dari sistem operasi yang ingin ditambahkan file atau program adalah apabila anda hanya ingin menambahkan file-file ke dalam ISO saja dan tidak bermaksud membakarnya ke dalam DVD blank, maka anda tidak memerlukan peralatan pada poin tiga dan empat. 
Baiklah, marilah kita mulai langkah-langkahnya adalah sebagai berikut : 
  • Buka program PowerISO, jika anda sudah menginstallnya. Jika belum anda harus menginstallnya terlebih dahulu. 
  • Setelah program PowerISO terbuka, selanjutnya adalah membuka file ISO CD/DVD Sistem yang sudah anda simpan dalam hard disk dan yang akan ditambahi file-file program atau file lain ke dalam file ISO tersebut. 
  • Kemudian cari pada toolbar menu Add, dan kemudian klik Add files and Folder, maka akan muncul jendela untuk menambahkan file-file atau folder yang ingin anda tambahkan pada File ISO. Silahkan pilih file-file atau folder yang ingin anda masukkan pada jendela Add Files and Folder yang tampil. Lihat gambardi bawah ini
  • Setelah semua file-file yang ingin anda masukkan sudah cukup sesuai dengan keinginan anda. Langkah selanjutnya adalah menyimpan file ISO yang baru saja dibuat dan sudah anda massukkan file-file tambahan. Yang perlu anda perhatikan adalah simpanlah file ISO baru dengan melakukan perintah Save As dan buat nama baru pada file ISO yang baru sehingga file ISO yang asli akan tetap tersimpan dan anda mempunyai File ISO sistem baru yang sudah ditambahkan file-file program atau file lainnya. 
  • Setelah File ISO Baru tersimpan, anda dapat membakar file ISO tersebut pada DVD blank yang sudah anda siapkan dengan menggunakan Burner Software. Saya merekomendasikan membakar file-file dengan Nero Burner Software. 
  • Jika proses burning selesai, maka anda sudah mempunyai CD/DVD master sistem operasi komputer yang sudah ditambahkan file-file program atau file lain sesuai keinginan anda.
Demikianlah cara menambahkan file-file program dan file atau folder lainnya ke dalam file ISO master. Mudah, sederhana, simple dan cepat bukan????? Siapapun anda pasti bisa melakukannya!!!!!

Posting Komentar untuk "Cara Menambahkan File ke dalam ISO"