Software Gratis untuk Mengatur dan Mengedit Foto

Fotografer profesional dan seniman grafis mengandalkan perangkat lunak komersial dengan fitur lengkap seperti Adobe Photoshop CS5 untuk mengedit foto. Namun, fotografer sederhana juga bisa mengatur, mengedit dan berbagi foto tanpa harus menghabiskan ratusan dolar dengan menggunakan perangkat lunak profesional seperti yang dilakukan oleh fotografer profesional. 

Ada berbagai program yang tersedia secara online memberikan kemampuan dalam mengatur, mengedit foto, dan Anda tidak perlu menghabiskan uang receh untuk menggunakannya. 

Software Aksesori 

Maksud dari program atau software aksesori adalah software atau program yang disertakan pada setiap salinan operating sistem. Misalnya pada Microsoft Windows 7 adalah program aksesori seperti Paint, dengan program ini, pengguna dapat membuat dan mengedit file grafis, termasuk foto digital. Dengan menggunakan Paint, Anda dapat memotong foto, mengubah ukuran mereka dan menambahkan teks komentar atau keterangan pada foto atau gambar. Program Paint tidak memiliki fitur retouching canggih seperti penghapusan mata merah (red-eye), akan tetapi program Paint dapat bekerja dengan baik untuk melakukan tugas-tugas sederhana. 

Aplikasi Cloud 

Adobe menawarkan layanan online gratis yang mereka sebut Photoshop Express. Dengan menggunakan browser Web Anda, lakukan upload foto digital ke Photoshop Express dan gunakanlah perangkat lunak ini untuk mengedit foto dan mengaturnya dalam galeri dan slideshow. Photoshop Express dapat berjalan dengan eksklusif pada browser Anda, Anda tidak perlu menyimpan perangkat lunak ini pada PC Anda karena program ini dioperasikan secara online. Fitur pengeditan yang ada pada program cloud ini meliputi mengkonversi foto warna menjadi hitam-putih, retouching noda dan melembutkan fokus pada sebuah gambar. Dengan menggunakan Account adobe Photoshop Express anda mendapatkan fasilitas ruang penyimpanan online sebesar 2GB. 

Program atau software Google Picasa menggabungkan program PC dan online sharing foto dan layanan pengorganisasian. Program Google Picasa adalah program yang dapat anda download gratis yang dapat anda jalankan pada sistem operasi Windows 7, OSX dan juga Linux. Perangkat lunak ini memiliki kemampuan mengedit canggih termasuk retouching red eye, peningkatan warna dan croping. Album Web Picasa adalah layanan web gratis yang dapat mengatur dan berbagi foto online. Teknologi paten pengenalan wajah seseorang memungkinkan untuk menemukan dan menandai foto sesuai dengan orang-orang yang ada di dalamnya. 

Aplikasi atau program Open Source 

Para komunitas pengembang software open source atau gratisan menawarkan program editing foto yang bisa anda gunakan dan download gratis tanpa harus membeli program tersebut yang berlabel open source. Di antara program open source yang bisa anda gunakan dalam hal mengatur dan mengedit foto antara lain adalah GIMP, editor grafis berfitur lengkap. GIMP berjalan pada Windows 7, Mac OSX dan sistem operasi Linux dan banyak sistem operasi lain. Dengan menggunakan GIMP, Anda dapat memperbaiki masalah pada gambar yang berhubungan dengan red-eye, menghilangkan noda kulit dan melakukan pengaturan lain seperti retouching canggih di samping fungsi lain seperti cropping dan resize. 

Tidak seperti Windows 7, Apple OSX tidak mengikutsertakan perangkat lunak aksesori grafis yang digunakan pada sistem Macintosh. Namun, sebuah kelompok open source yang disebut Soggy Waffles mendistribusikan sebuah program gratis untuk mengatur dan mengedit foto yang disebut Paintbrush. Hampir mirip dengan fungsi program MacPaint yang ada pada komputer Macintosh asli, Paintbrush berfungsi sebagai editor grafis dasar, mampu mengubah ukuran, cropping dan menambahkan elemen grafis sederhana untuk file foto. 

Mobile Apps 

Selain dalam bentuk berbasis web browser, Picasa dan Photoshop Express menawarkan layanan versi mobile. Masing-masing mendukung iOS dan sistem operasi Google Android. Seperti program versi desktop, aplikasi gratis ini memfasilitasi juga untuk berbagi foto online. 

Perangkat mobile Apple, termasuk iPhone dan iPad, hadir dengan editing foto sederhana dan perangkat lunak galeri sebagai bagian dari sistem operasi iOS. Dengan rilis OS versi iOS 5, app Foto ini bisa melakukan croping dan meningkatkan foto digital dan menghilangkan foto dengan red-eye. Dengan app ini anda bisa membuat album pribadi untuk menampilkan foto-foto secara manual atau secara otomatis sebagai tampilan slide.

Posting Komentar untuk "Software Gratis untuk Mengatur dan Mengedit Foto"