Menghubungkan PC ke TV HDMI

Untuk menghubungkan PC atau komputer personal anda ke jack TV HDMI di televisi akan memungkinkan Anda untuk melihat isi komputer anda pada layar yang jauh lebih besar dan layar yang lebih tajam. Anda juga dapat memanfaatkan koneksi internet broadband pada PC Anda untuk menonton streaming film dan acara TV di layar besar pada HDMI TV Anda. 

Berikut ini adalah langkah-langkah yang anda lakukan : 
  • Matikan komputer Anda dan periksalah unit bagian belakang dari komputer. Cari kabel yang berasal dari monitor komputer dan ikuti alur kabel sampai ke belakang PC. Kabel tersebutlah yang akan dipasang pada output dari kartu video, yang akan menjadi salah satu port VGA 15-pin atau port DVI 29-pin. Jika Anda benar, akan ada port kedua langsung di sebelah itu, baik dari jenis DVI atau VGA. Pada mesin terbaru, Anda bahkan dapat menemukan sebuah port HDMI pada kartu. 
  • Pilihlah sambungan/koneksi untuk output video. Jika komputer Anda memiliki port HDMI, Anda dapat dengan mudah menghubungkan kabel HDMI dari panjang yang benar antara komputer dan TV. Jika tidak, Anda akan perlu membuat beberapa keputusan. Jika komputer Anda hanya memiliki output video tunggal dan tidak akan digunakan hanya dengan televisi, Anda mungkin perlu membeli kartu video baru. Membeli satu buah baik dari jenis DVI atau HDMI output, dan pasanglah kartu tersebut pada slot yang tersedia, sesuai dengan petunjuk yang disertakan pada brosur petunjuk. Jika output port yang Anda pilih adalah DVI, maka anda dapat menggunakan sebuah kabel DVI yang menghubungkan port HDMI dapat mengkonversi output komputer Anda ke input HDMI yang tepat untuk TV Anda. Jika Anda berniat untuk menggunakan output VGA pada kartu dengan output tunggal atau output ganda atau keluaran untuk memaksa tampilan HDMI, maka perlu perangkat khusus yang dibutuhkan untuk mengkonversi antar format tersebut. Karena harga konverter kurang lebih hampir sama dengan harga VGA yang akan lebih mudah untuk digunakan dengan TV Anda, Anda mungkin sebaiknya memilih untuk membeli kartu video baru. 
  • Hubungkan kabel HDMI dari televisi Anda ke komputer Anda. Instal adaptor atau converter pada komputer Anda, jika perlu. Kecuali komputer Anda memiliki HDMI output, kabel juga diperlukan untuk menghubungkan dari output sound card ke kabel video HDMI atau adaptor, karena HDMI sudah mencakup sinyal video dan audio. 
  • Lakukan Booting pada PC Anda dan aturlah tampilan baru dengan memilih "Control Panel" dari menu Start. Klik dua kali ikon "Display" dan klik tombol "Settings". Pandual Manual untuk TV HDMI Anda akan tampil daftar resolusi layar , bersama dengan refresh. Pengaturan Konfigurasi resolusi dapat anda temukan pada tab "Settings", dan kemudian klik tombol "Advanced" yaitu tombol untuk mengatur jumlah refresh. Jika Anda menggunakan TV HDMI sebagai monitor kedua, anda juga harus mengkonfigurasi bagaimana ia digunakan oleh Windows, sesuai dengan instruksi yang berkaitan dengan kartu video (video card) Anda. Kebanyakan kartu menawarkan modus "Clone" atau "mirror" mode, di mana kedua layar menampilkan konten yang sama. Sebagai gantinya, model "Extended Desktop" akan memungkinkan setiap monitor untuk beroperasi dan bekerja secara independen. 
  • Reboot Komputer PC Anda untuk menerapkan perubahan pengaturan yang sudah dibuat, 
  • Sekarang silahkan siapkan diri anda pada sofa yang empuk untuk menyaksikan dan melihat isi komputer anda pada pada layar yang besar di TV HDMI.

Posting Komentar untuk "Menghubungkan PC ke TV HDMI"