Cara Membakar File MP4 Ke DVD

Anda dapat membakar file video MP4 ke dalam DVD sehingga anda dapat memutarnya pada DVD player. 

Jika Anda memiliki film atau video lainnya dikodekan dalam format file MP4 yang dapat menghasilkan video berkualitas bagus, tapi sayangnya,file jenis ini umumnya harus diputar di komputer. Membakar/burning/mengcopy file video ke DVD dapat anda lakukan jika anda menginginkan video tersebut dapat anda putar/tonton menggunakan Home DVD player yang akan membuat anda dan keluarga anda jauh lebih nyaman. 

Meskipun Anda bisa menyalin file data Video MP4 tersebut ke DVD (tipe data DVD), jika tipe membakar/burn file anda dengan model data DVD, kemungkinan sebaaian besar tipe Home DVD player tidak akan bisa membaca hasil burn tersebut karena tipe Burning yang anda gunakan (karena sejumlah model DVD player tidak mengenali format video MP4). 

Bagaimana agar supaya file MP4 anda bisa dibaca pada Home DVD player di rumah? Berikut adalah cara untuk membakar file Video MP4 ke dalam DVD, dan file video tersebut akan dikonversi ke dalam format yang bisa dikenali dan dilihat menggunakan Home DVD player. 

Langkah-langkah 

Jalankan Program DVD kepunyaan anda, seperti Nero Burning System atau Roxio Burning Softtare. Akan muncul jendela utama program yang anda buka, kemudian pilih dan gunakan "Make DVD". Tergantung pada perangkat lunak/software yang anda gunakan, mungkin akan muncul beberapa pilihan meliputi: "DVD Video", "Data DVD" dan "DVD Editable"; ….dari pilihan tersebut, pilihlah "DVD Video". 

Muncul menu DVD Video….Pilihlah "Add Video Files", ketika software DVD yang anda gunakan meminta Anda untuk memilih sumber video untuk DVD. Sebuah jendela menu akan terbuka sehingga Anda dapat memilih file video; browse ke lokasi file MP4 yang ingin bakar ke DVD disk anda. Pilih file-file video yang anda inginkan dan klik "OK". Jika Anda ingin menambahkan beberapa file ke DVD, ulangi proses untuk masing-masing file video atau tekan tombol "Ctrl" saat Anda memilih setiap file videoMP4. Setelah selesai, klik tombol "Next". 

Langkah berikutnya adalah membuat menu DVD video pada layar menu dari software DVD Burning system yang anda gunakan. Anda sebaiknya memilih untuk membuat tampilan beberapa lapisan menu, menambahkan latar belakang yang unik dan teks/judul yang Anda inginkan. Desain menu yang anda buat nantinya yang ingin anda tampilkan dalam layar TV ketika Anda memutar DVD yang anda buat. 

Setelah Anda selesai, klik tombol berikutnya untuk melihat layar preview. Pastikan bahwa menu yang sudah anda buat terlihat pada preview seperti apa yang anda inginkan. Setelah Anda melihat bahwa preview/tampilan meu sesuai dengan keinginan anda, masukkan DVD kosong pada DVD burner Anda dan klik tombol untuk memulai proses membakar MP4 ke dalam DVD. 

Apabila proses burning sudah selesai, DVD otomatis akan keluar dan Anda akan dapat menonton video MP4 yang anda bakar tersebut dalam Home DVD Player.

Posting Komentar untuk "Cara Membakar File MP4 Ke DVD"